Rabu, 04 Juni 2008

Yang manis tidak akan terasa manis tanpa yang pahit

Apakah anda pernah mendengar kutipan tersebut? Saya mendengarnya dari sebuah film “Vanilla Sky” yang dibintangi Tom Cruise. Kata-kata itu sangat mengena dan menyejukan sekali di hati. Apakah anda pernah berpikir bahwa suatu hal tidak mungkin ada tanpa ada lawannya. Hal-hal yang berkaitan dengan kata sifat dan kejadian adalah hal yang bersifat dualitas atau dua sisi dan bukan merupakan sesuatu yang absolut atau tunggal.
Misalnya dapat anda bayangkan orang yang sudah hidup sangat kaya sejak kecil dan kehidupannya sangat berlimpah. Apakah mereka pernah merasa kaya dalam konteks itu? Tentu tidak bagi mereka kekayaan itu biasa-biasa saja karena dari kecil sudah kaya berbeda dengan orang yang pernah hidup susah dan sangat miskin kemudian menjadi kaya. Justru kekayaan dalam hidup mereka menjadi lebih berarti dan sangat terasa maknanya.
Dan banyak sekali hal-hal terkait dengan topik di atas. Seperti drama-drama kehidupan yang saya utarakan di bagian pendahuluan. Senantiasa hal tersebut menjadi utuh dan esensinya akan lebih terasa kalau ada lawannya; kecewa-puas, manis-pahit, kaya-miskin, bahagia-sedih, dan masih banyak lainnya. Hanya kita perlu menyikapi sisi-sisi yang tidak kita suka dan perlu bergerak ke arah yang kita suka.
Namun pertama sekali yang perlu kita lakukan adalah menerima setiap manis-pahit kehidupan tanpa penghakiman diri yang membuat diri kita jatuh terpuruk. Kecewa, meratapi, dan menyesali diri berlebihan adalah tidak baik. Menurut saya hal itu sah-sah saja dilakukan sebab saya juga demikian tetapi saya tidak berlarut-larut malah terkadang saya tertawa sendiri melihat hal-hal tersebut sebagai kekayaan hidup.
Bagaimanapun kita adalah manusia yang hidup dan memang dalam kehidupan segala sesuatu yang terjadi tidak semua yang kita kehendaki dapat terjadi. Dari sana kita juga dapat menerimanya sebagai alat dan pengalaman untuk introspeksi dan pembelajaran diri untuk berkembang ke arah yang kita inginkan. Sekali lagi tetap saja tidak ada garansi, ingatlah “yang manis tidak akan terasa manis tanpa yang pahit”.

Tidak ada komentar: