Rabu, 09 Juli 2008

Manusia besi

Apa yang anda pikir ketika melihat judul manusia besi dengan ilustrasi sang “iron man” film yang baru-baru ini ditayangkan di bioskop dan digandrungi bukan hanya oleh anak-anak namun banyak orang dewasa juga suka menontonnya. Tentunya dengan sosok yang kuat, sekuat baja dengan kemampuan tempur yang didukung oleh teknologi canggih yang tiada duanya. Tony Stark yang diperankan oleh Robert Downey Jr. adalah seorang jenius perancang dan pencipta alat perang militer yang ditugaskan untuk melakukan inovasi di bidang militer, membuat senjata-senjata perang yang mematikan untuk dikembangkan terus-menerus.
Cerita punya cerita akhirnya Tony Spark malah memutuskan untuk berhenti menciptakan senjata perang dan sebagai bentuk penyesalannya telah menciptakan senjata pemusnah masal yang bukannya menghentikan perang malah semakin memperbanyak korban jiwa akibat senjata-senjata tersebut, melalui rancangannya yang tanpa direncanakan sebelumnya akibat penculikan yang terjadi terhadapnya, dia menciptakan alat berupa pakaian tempur baja yang dikenakannya sendiri yang kemudian dikenal sebagai “iron man” untuk menumpas ketidakadilan akibat perang dan juga bencana yang juga diciptakan dari senjata-senjata ciptaannya.
Bagi yang belum nonton silahkan nonton filmnya, he3.. Sebenarnya apa si arah pembicaraan ini? ko malah menceritakan film. Jujur aja idenya belum ada semua di kepala saya, tulisan ini bermula dari melihat gambar iron man sebagai gambar wallpaper di desktop komputer saya. Saat ini jari-jari saya saja sedang berhenti mengetik sambil menunggu ide yang muncul... apa ya?... Nah begini karena kita membicarakan si manusia besi. Apakah anda berpikir bahwa anda ingin menjadi manusia besi, yang kuat dan tak terkalahkan? Ya jawabannya bisa macam-macam si, he3... Kalau saya si berpikir, yang terus terang baru terpikir dari pada menjadi manusia besi lebih baik menjadi manusia yang berhati baja yang peribahasanya banyak disebut sebagai “bermental baja”. Sepakat?! He3.. Bermental baja itu dari pengalaman saya pribadi merupakan hal yang fundamental tidak melulu dibarengi oleh badan yang besar dan berotot kekar. Mahatma Gandhi pernah mengatakan “Otot mental yang dilatih akan jauh lebih kuat daripada orang yang berbadan besar maupun berotot kekar”
Dalam pekerjaan yang kita lakukan kita juga bisa menjadi seorang “super hero”, tentunya dalam hal pekerjaan, hubungan, keluarga, dan dalam bermasyarakat. Bisa saja menjadi hebat jika kita mau melatih mental kita untuk menghadapi tentangan atau menyelesaikan hambatan dalam segala hal yang kita lakukan. Berlatihlah untuk memiliki Sikap Mental yang Positif (SMP). Memang sampai sekarang saya juga belum memiliki mental yang kuat dan berpikir selalu positif. Bahkan masih lebih sering terbawa stress atau masalah dalam pekerjaan atau kehidupan sehari-hari, ngomong jujur ni...he3. Dari pengalaman saya memang bermental kuat jauh lebih penting dan keberanian itu perlu dilatih. Kalau bisa dibeli saya rela mengeluarkan seluruh uang tabungan saya untuk membeli keberanian atau bermental baja dalam melakukan apa yang saya mau. Masalahnya sikap mental yang bagus tidak dapat dibeli tetapi bisa dilatih. Melatihnya itu butuh pengorbanan. Ketekunan dan kesabaran dalam menghadapi kendala juga faktor yang mendukung. Shakespeare pujangga lagendaris mengatakan “Hanya orang yang memiliki keberanianlah yang mampu menanggung beban pengalaman seburuk-buruknya yang bisa dialami manusia dengan bijaksana.”
Ya mari kita sama-sama berusaha untuk mengurangi ketakutan dan berani melakukan apa yang ingin dilakukan menerima setiap resiko yang mengiringi. Namun saya tahu diseberang sana... nun jauh diseberang... ada padang rumput dan taman bunga berwarna-warni yang indah menanti, ditumbuhi juga dengan pohon penuh dengan buah-buahan yang wangi dan manis, ada pemandangan asri, langit biru, dan kicauan burung pipit yang menggembirakan. Tanah perjanjian itu ada. Itu bisa kita lalui jika kita mau menyeberang dari sini kesana melewati belantara hutan penuh dengan hewan buas, semak belukar, tebing yang curam, kerikil-kerikil tajam, dan arus sungai yang deras...

Tidak ada komentar: